Jumat, 09 Desember 2016

Ciri-Ciri Pengikut Imam Ali bin Abi-Thalib,?...

🌹🌹" Ingin Tahu Ciri-Ciri Pengikut Imam Ali bin Abi-Thalib,??? "🌷🌷
1. 🌷 Seorang mu'min haruslah pandai dan cerdas.wajahnya selalu menggambarkan kegembiraan,walau hatinya sedang sedih dan gelisah.
2. 🌷 Dia bukan orang yang hasud dan pendendam ,juga bukan orang yang menyebarkan kemungkaran serta tidak mengunjung (ghibah) seseorang.
3. 🌷 Dia tidak menyukai maqam dan kepemimpinan,berjalan dengan tenang ,serta selalu ingat kepada allah swt.
4. 🌷 Dia bersabar atas musibah dan bersyukur atas nikmat-nikmat allah swt.
5. 🌷 Jika Allah mencoba dengan kefakiran dan kemiskinan,dia merasa senang dan gembira.
6. 🌷 Akhlaq dan perilakunya (dalam bermasyarakat) baik dan tidak menyakiti dan melecehkan orang.
7. 🌷 Dia tersenyum dan tidak terbahak-bahak keras saat tertawa.
8. 🌷 Ketika bertanya dengan seseorang ,tujuannya adalah untuk mendapatkan manfaat dari orang tersebut, bukan untuk mengujinya apakah dia memiliki ilmu yang banyak ataukah tidak.
9. 🌷 Hatinya dipenuhi kasih sayang dan bukan orang yang kikir ,tidak terburu-buru dalam bertindak,dan manis tutur katanya.
10. 🌷 Dia tidak menyusahkan atau merepotkan ketika datang kepada seseorang ,dan jika kemarahan menguasainya,dia tetap bersikap adil.
11. 🌷 Selalu menepati bila berjanji ,tidak berbicara omong kosong ataupun yang tidak berarti.
12. 🌷 Syukur dan ridha kepada seluruh pemberiaan Allah swt, menentang hawa nafsunya dan tidak menyulitkan kawan-kawanya.
13. 🌷 Seluruh hidupnya adalah untuk menolong agama dan selalu berfikir untuk membantu ,menentramkan,dan menjadi tempat bargantung (berlindung) bagi kaum muslimin.
14. 🌷 Jika seseorang memuji,dia tidak merasa malambung ,yang kemudian berdampak dihatinya.ketamakan(keserakahan) tidak menyelimutinya hatinya sehingga lalu berbuat di luar tugas dan tanggung jawab.
15. 🌷 Pandangan (harapan)nya tidak untuk dapat memberikan manfaat kepada ummat dan merasa kecil (rendah hati) di hadapan semua.
16. 🌷 Dia dermawan,namun tidak berlebihan(ekstrim).dan tidak pernah menipu dan memperdaya seorangpun serta tidak meremehkan
jerih payah orang lain.
17. 🌷 Dia menjadi tempat bergantung orang-orang yang terdesak dalam kesusahan ,menolong orang-orang yang terdhalimi ,dan tidak menyebarkan rahasia seseorang yang di sampaikan kepadanya.
18. 🌷 Dia selalu menyebutkan kebaikan yang dilihatnya pada seseorang,dan tidak menyebarkan keburukan yang dilihatnya.
19. 🌷 Dia memalingkan diri dari keburukan orang,namun jika mereka minta maaf kepadanya ,dia akan menerimanya.selalu berprasangka baik kepada orang lain serta menyalahkan dirisendiri.
20. 🌷 Dia selalu mengenang para ulama dengan keutamaan ilmu dan pengetahuan Ilahinya.jika datang kepadanya seorang bodoh,dia akan mengajarinya.
21. 🌷 Tidak mencari aib dan kesalahan orang,tetapi selalu menyalahkan perbuatan dan tindakanya sendiri sebab,dengan melihat kesalahan diri sendiri,dia tidak akan melihat kesalahan orang lain.
22. 🌷 Selalu bersemangat dalam memperbaiki jiwanya,tidak mengurusi orang lain,dan tidak berharap kepada selain allah.
23. 🌷 Dia menjadi orang asing di tengah-tengah umat dan berusaha menjalankan perintah-perintahAllah, sehingga dapat mengamalkan apa yang menjadi keridhaan.
24. 🌷 Dia selalu bersama fakir miskin, membantu umat dalam perkara yang baik, dan sepert iseorang ayah yang penuh kasih sayang di hadapan anak-anak yatim.
25. 🌷 Dalam setiap perkara dan masalah yang ingin dilakukannya, dia selalu memikirkan dan merenungkan dengan baik serta menjalankannya dengan penuh kehati-hatian.
26. 🌷 Karena dia menjalankan hidup dengan kondisi selalu merasa cukup (qana'ah) dan menjaga harga diri, maka orang lain menganggapnya orang kaya.
27. 🌷 Dia mengendalikan kekang hawa nafsunya, sehingga sama sekali tidak dapat menjerumuskannya pada hal-hal yang tidak selayaknya.
28. 🌷 Ucapan-ucapanya berdasarkan kebenaran serta hakikat, dan pakaiannya selalu sederhana.
29. 🌷 Tidak merasa rugi dengan hilang dan perginya segala sesuatu yang dimilikinya, tidak pernah mengharapkan hal-hal yang tidak patut atau yang tidak pantas.
30. 🌷 Ilmu dan pengetahuannya terkait dengan kesabaran dan keteguhan : akal dan ilmunya seiring dengan kesabaran dan ketegaran.
31. 🌷 Tidak tampak tanda-tanda kemalasan dan kelelahan dari fisik dan jiwanya; manusia selalu melihatnya dalam keadaan bersemangat dan gembira.
32. 🌷 Angan-angannya sedikit dan selalu mempersiapkan diri dalam menanti kematian. Oleh karena itu,hatinya khusuk, lisannya berzikir, dan jiwanya merasa cukup (qana'ah).
33. 🌷 Dia selalu mengingat dosa-dosa yang telah dilakukannya, dengan penuh penyesalan dan kesedihan.
34. Para tetangga merasa nyaman denganya; dia menjalin hubungan dengan umat agar sesuatu dapat bermanfaat bagi mereka dan mengajarkan ilmu kepada mereka.
35. 🌷 Ketika duduk bersama orang-orang kebanyakan, diam diam agar tidak menyakitikan mereka. Dan dia selalu menyibukkan diri, sehingga mereka merasa nyaman dengannya.
36. 🌷 Dia bersabar atas setiap kedzaliman yang menimpanya, sehingga Allah menolongnya dan mengembalikan haknya dari yang mendzaliminya

🌷🌹Kemudian Imam Ali berkata.:
"Mereka adalah pelita-pelita yang benderang di atas bumi. Dan mereka adalah pengikut-pengikut (syiah) kami, juga terhitung sebagai sahabat –sahabat kami.Mereka bersama kami dan kami bersama mereka."🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar