Rabu, 11 Oktober 2017

SMPN 3 Balung & Banjir Pasar Balung

Banjir merupakan salah satu bencana yang setiap tahun sering melanda indonesia. banjir memang seakan sudah akrab bagi masyarakat indonesia. hingga sampai saat ini masalah banjir masih belum sepenuhnya bisa di atasi, Ketidaksadaran akan bahayanya banjir dan penyebab-penyebab terjadinya banjir menjadi penyebab kenapa banjir tersebut setiap tahun melanda Indonesia.

Yang bisa kita lakukan adalah mencegah terjadinya banjir dan juga menanggulangi bencana banjir. Karena walau bagaimanapun banjir merupakan salah satu bencana yang bisa menimbulkan kerugian. Oleh sebab itu sebagai masyarakat perlu untuk meningkatkan kesadaran akan terjadinya banjir. Namun saat ini yang perlu di tingkatkan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya banjir. Karena banjir sering terjadi akibat masalah sepele seperti, membuang sampah sembarangan hingga menimbulkan penyumbatan. Lalu langkah apa untuk menanggulangi terjadinya banjir?

Cara Menanggulangi banjir

Menjaga lingukungan sekitar
Yang utama adalah menjaga lingkungan sungai atau selokan, sungai sebaiknya di pelihara dengan baik. Jangan membuang sampah ke selokan. Sungai atau selokan jangan di jadikan tempat pembuangan sampah
Hindari membuat rumah di pinggiran sungai
Saat ini semakin banyak warga yang membangun rumah di pinggir sungai, ada baiknya pinggiran sungai jangan di jadikan rumah penduduk karena menyebabkan banjir dan tatanan masyarakat tidak teratur.
Melaksanakan program tebang pilih dan reboisasi
Pohon yang telah ditebang sebaiknya ada penggantinya. Menebang pohon yang telah berkayu kemudian di tanam kembali tunas pohon yang baru. Hal ini ditujukan untuk regenerasi hutan dengan tujuan hutan tidak menjadi gundul.
Buanglah sampah pada tempatnya
Sering kali masyarakat indonesia membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah ke sungai, tentu hal ini akan memebrikan dampak buruk di kemudian hari. Karena sampah yang menumpuk bisa menyebabkan terjadinya banjir saat curah hujan sedang tinggi. Pengelolahan sampah yang tepat bisa membantu mencegah banjir.
Rajin Membersihkan Saluran Air
Perbaikan dan pembersihan saluran air tentu harus ada. Di wilayah tertentu bisa diadakan secara gotong royong. Penjagaan ini harus dilakukan secara terus menerus dengan waktu berkala. Hal ini bertujuan agar terjadi hujan deras, air tidak akan tersumbat dan mampu mencegah terjadinya banjir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar